Ini 4 Cara Menghemat Paket Data di HP Android Agar Kuota Awet

Paket data merupakan salah satu kebutuhan vital bagi kita terutama di era digital sekarang. Sehingga anggaran untuk paket data juga sebaiknya masuk ke dalam pengeluaran bulanan bagi pengguna android.

Namun sayangnya harga paket data yang terbilang mahal cukup menguras dompet. Terutama jika kita dituntut untuk online setiap hari membahas masalah pekerjaan, kuliah, atau sekolah. Lalu adakah cara untuk menghemat paket data di HP android? Simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya ya!

Untuk menghemat paket data di android, kamu tidak perlu berulang kali mematikan data setiap tidak menggunakan internet.

Ada beberapa cara di bawah ini yang bisa kamu terapkan ke hp android agar bisa lebih hemat dalam penggunaan paket data.

Cara Menghemat Paket Data di HP Android

1. Pasang maksimal batas penggunaan kuota setiap bulan

Tentu kamu tidak ingin paket data yang sudah dianggarkan untuk satu bulan ternyata habis duluan bukan? Oleh karena itu, kamu bisa memasang limit atau batas pemakaian tiap bulan di hp androidmu. Misal dalam sebulan rata-rata kamu menghabiskan 30 GB, maka kamu bisa memasang limit 25 GB untuk mendapatkan pemberitahuan bahwa sebentar lagi kuotamu akan habis dan kamu bisa berhati-hati untuk menggunakannya dengan hemat.


Caranya mudah, caranya klik settings > connections lalu klik set mobile data limit. Nah, dengan memasang limit ini, kamu akan lebih hemat dan berhati-hati dalam menggunakan paket data. 


2. Matikan update aplikasi secara otomatis

Aplikasi yang ada di internet selalu update versi terbaru mereka. Update aplikasi ini membutuhkan penggunaan data yang lumayan, apalagi jika tidak hanya satu aplikasi yang terupdate, tentu akan menghabiskan banyak data. Oleh karena itu pastikan kamu mematikan opsi update aplikasi secara otomatis dan hanya gunakan wifi ketika akan mengupdate aplikasi yang ada dalam hp milikmu.


3. Matikan opsi download otomatis pada aplikasi perpesanan

Whatsapp adalah aplikasi pesan populer yang juga menyedot banyak data. Ada cara menghemat data Whatsapp yaitu dengan mematikan opsi download media otomatis. Kadang ketika berkirim pesan atau dalam grup, ada yang mengirim gambar, stiker, hingga video. Dan tak jarang banyak yang sebenarnya tidak kita perlukan. Jika secara otomatis terdownload tentu akan menghabiskan paket data dan boros. Kamu bisa mematikan opsi ini dengan cara buka settings Whatsapp > Data and Store Usage dan pilih agar download media tidak dapat dilakukan secara otomatis. 


4. Batasi background data berjalan

Saat hp tidak digunakan, ada aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang. Seperti whatsapp atau facebook yang akan memunculkan notif meskipun kita tidak membuka aplikasi tersebut. Tak heran background data ini menyedot paket datamu. Kamu bisa mengatasinya dengan klik settings > data usage. Lalu akan muncul sederet aplikasi dan berapa banyak data yang digunakan. Kamu bisa pilih aplikasi yang ingin kamu batasi dan klik restrict app background data.


Itulah empat cara menghemat paket data di HP android yang bisa kamu aplikasikan. Dengan mengaplikasikan empat hal di atas kamu tidak perlu bingung lagi mencari cara hemat kuota agar budget pembelian paket datamu tidak membengkak. Semoga informasi di atas membantumu.

Satu informasi lagi yang tidak boleh terlewat, yakni mendapatkan tambahan uang atau bahkan berpenghasilan dari berjualan pulsa dan data. Bagaimana caranya, mudah, daftar saja di Metro Reload Payment, karena di sini Anda akan dijelaskan mengenai berbagai hal dan trik berjualan pulsa dan data.


0 Response to "Ini 4 Cara Menghemat Paket Data di HP Android Agar Kuota Awet"

Posting Komentar