Referensi Cara Mengembangkan Usaha Pulsa dan Kuota

Setiap usaha yang dijalankan tentunya harus selalu ditingkatkan agar terus berkembang, tidak terkecuali usaha pulsa dan kuota. Maka dari itu, langkah paling awal tentu saja dengan mengetahui cara mengembangkan usaha pulsa dan kuota.

Referensi Cara Mengembangkan Usaha Pulsa dan Kuota Metro Reload

Seperti kata-kata bijak ”mendapatkan lebih mudah daripada mempertahankan”, begitu juga dengan usaha pulsa dan kuota. Harus ada kemauan agar usaha yang telah dibangun dapat dikembangkan. Nah, cara-cara mengembangkan usaha pulsa dan kuota  berikut bisa menjadi petunjuk bagi yang ingin mencobanya.

1. Disiplin dalam Penghitungan Modal

Hal pertama ini sangatlah penting. Arus kas, yaitu uang masuk dan keluar harus dihitung dengan cermat. Ini membantu agar perkembangan usaha tetap terpantau. Apabila tampak terjadi penurunan, maka dapat diketahui letak permasalahannya. Dengan mengetahui masalah yang timbul, maka mudah pula menentukan cara mengatasinya.

Jangan menggabungkan uang hasil usaha pulsa dan kuota dengan uang pribadi atau keperluan lainnya. Bahkan jika perlu pisahkan segera keuntungan bersih dengan modal yang harus diputar kembali. Ini mencegah adanya kebingungan dalam pengelolaan modal dan keuntungan.

2. Membuka Konter di Lokasi yang Strategis

Ada kalanya penjual pulsa dan kuota rumahan telah mencapai kestabilan modal dan pasar. Bisa jadi ada keinginan untuk membuka konter agar usaha dapat lebih berkembang dan jangkauannya lebih luas.

Tidak dapat dipungkiri bahwa lokasi yang strategis merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha pulsa dan kuota. Maka tidak heran jika penentuan lokasi pembukaan konter memerlukan berbagai pertimbangan.

Pilihlah lokasi di pinggir jalan ramai, yang sering dilewati oleh orang-orang asing. Pemasangan plang nama konter juga merupakan langkah bagus untuk dilakukan. Dengan begitu, orang yang berlalu-lalang di jalan akan familiar dengan konter yang dibuka. Baca Juga : Keuntungan Usaha Pulsa yang Perlu Diketahui

3. Menyediakan Produk yang Lengkap dan Beragam

Modal yang kuat serta lokasi yang strategis sudah sepatutnya dibarengi dengan kelengkapan produk yang dijual. Setidaknya, produk pulsa dan kuota yang ditawarkan mencakup semua operator dan semua nominal.

Sebagai pelengkap, produk jualan dapat ditambah dengan aksesoris handphone, voucher game, voucher TV, hingga kartu perdana. Pengisian token listrik biasanya juga banyak dicari mengingat sudah banyak rekening listrik yang pengisiannya menggunakan pulsa.
Kelengkapan ini akan memancing pelanggan untuk tidak mencari barang ke tempat lain.  Misalnya seseorang berniat hanya membeli pulsa, tetapi kemudian melihat persediaan charger yang terpajang di konter. Sementara ia sudah ingin mengganti charger yang lama. Secara tidak langsung ketersediaan tersebut akan memancingnya untuk membeli.

4. Tanggap Terhadap Komentar Pelanggan

Setiap usaha terkadang dapat mengalami kendala-kendala. Dalam usaha pulsa dan kuota, kendala yang biasa muncul adalah adanya gangguan jaringan yang juga berimbas kepada terganggunya transaksi. Pada saat-saat seperti ini penjual harus siap dengan keluhan pelanggan. Jelaskan permasalahan dengan baik dan jujur agar pelanggan memahaminya apa yang terjadi.

Masalah tidak selalu berkaitan dengan jaringan. Human error juga bisa terjadi tanpa sengaja. Salah satu contohnya adalah kesalahan input nomor yang membuat pulsa salah sasaran. Ada baiknya nomor yang akan diisi dicatat dulu oleh pelanggan sendiri di buku khusus.

Apabila terjadi kesalahan, maka bisa dilihat apakah penjual yang salah input atau justru pelanggan yang salah catat. Jangan segan untuk meminta maaf dan mengganti rugi jika kesalahan datang dari penjual. Tentu saja itu menyebabkan kerugian, apalagi jika nominal yang diisikan cukup besar. Namun sikap demikian dapat meminimalisir hilangnya kepercayaan pelanggan.

Demikianlah cara mengembangkan usaha pulsa dan kuota. Berkembangnya suatu usaha tidak hanya dilihat dari keuntungan yang besar, tetapi juga mencakup kepercayaan dan hubungan baik dengan pelanggan.

0 Response to "Referensi Cara Mengembangkan Usaha Pulsa dan Kuota"

Post a Comment