8 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid untuk Semua Operator

Kode MMI adalah kode perintah berisi kombinasi angka dan simbol untuk mengakses fitur khusus di telepon. Misalnya, kode MMI untuk cek pulsa dengan menekan *123#. Namun, terkadang terjadi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid sehingga tidak muncul halaman informasi sesuai perintah. Dalam kondisi mendesak, tentu Anda perlu solusi cara mengatasi kode MMI tidak valid tersebut, bukan?

8 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid untuk Semua Operator

Permasalahan kode MMI tidak valid XL, kode MMI tidak valid Smartfren, maupun kode MMI tidak valid operator seluler lainnya sering kali terjadi pada smartphone dengan tipe dual SIM. Beberapa penyebab utamanya biasanya karena tidak ada sinyal, salah pengaturan jaringan, dan gangguan operator jaringan.

Kendati bukan masalah yang cukup berat, namun kode MMI tidak valid sangat mengganggu di waktu mendesak. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan 8 cara berikut ini.

1. Cek USSD sudah benar atau belum;

Cara mengatasi kode MMI tidak valid Telkomsel atau operator seluler lainnya yang pertama yaitu dengan mengulangi kode dial in dengan benar. Mungkin saja, masalah ini terjadi karena Anda memasukkan kode USSD yang keliru. Namun, jika masalahnya bukan ini, Anda dapat beralih ke cara selanjutnya.

2. Menonaktifkan kartu SIM;

Cara kedua yaitu dengan menonaktifkan kartu SIM sementara waktu untuk memulai ulang jaringan di HP Anda. Meskipun sederhana, terkadang cara ini bisa menjadi solusi masalah kode MMI tidak valid.

Untuk menonaktifkan kartu SIM Anda, ikuti urutan langkahnya berikut.

  • Buka menu [Setting];
  • Cari [kartu jaringan];
  • Menonaktifkan kartu SIM yang mengalami masalah kode MMI tidak valid.

Jika sudah, Anda bisa mengaktifkannya kembali dan tunggu sinyal keluar. Silakan ulangi memasukkan USSD lagi. 

3. Aktifkan mode pesawat;

Alternatif cara mengatasi jaringan yang terganggu yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Alasannya, saat mode pesawat aktif, jaringan akan melakukan restart sehingga jaringan akan kembali dengan mencari IP yang tercepat.

Silakan aktifkan mode pesawat pada ponsel Anda, lalu tunggu beberapa detik. Selanjutnya, nonaktifkan lagi mode pesawat Anda.

4. Tambahkan tanda (+) atau (,);

Solusi lainnya yaitu dengan menambahkan tanda (,) pada akhir kode USSD. Misalnya, pengguna Indosat yang akan mengecek pulsa, maka masukkan *123#,. Tanda (,) dapat Anda masukkan dengan menekan tombol (*) selama kurang lebih 2-3 detik. 

Selain itu, bisa juga dengan menambahkan tanda (+) setelah (*) sehingga menjadi *+123#. Tanda (+) dapat Anda tambahkan dengan menekan angka 0 selama kurang lebih 2-3 detik.

5. Ubah jaringan ke 2G atau 3G;

Mengubah jaringan menjadi 2G atau 3G juga bisa Anda coba. Silakan gunakan mode 2G atau 3G, lalu masukkan kembali kode USSD sesuai operator seluler Anda. Setelah berhasil, Anda bisa mengubah jaringan ke 4G LTE lagi.

6. Hapus data aplikasi telepon;

Kesalahan kode MMI tidak valid juga bisa terjadi karena ada aplikasi yang terkena virus atau error, sehingga Anda perlu menghapus data aplikasi dengan cara sebagai berikut.

  • Buka menu [Setting];
  • Buka menu [Aplikasi];
  • Pilih [Semua Aplikasi] dan cari aplikasi [Telepon];
  • Pilih [Penyimpanan];
  • Pilih [Hapus data];
  • Klik [OK].
  • Restart HP;

Merestart HP dapat mengembalikan berbagai masalah, termasuk kesalahan jaringan kode MMI tidak valid. Silakan coba cara ini, lalu masukkan kode USSD lagi.

8. Tunggu hingga jaringan normal kembali.

Apabila Anda sudah melakukan semua cara di atas, namun tidak kunjung berhasil, maka cara terakhirnya yaitu dengan menunggu jaringan normal kembali. Silakan cek secara berkala karena tidak menutup kemungkinan masalah ini terjadi disebabkan oleh pihak operator sendiri.

Jika Anda ingin mempunyai tambahan uang, maka Anda bisa coba menjadi agen pulsa di Metro Reload, kapan lagi, mulai daftar sekarang dan hasilkan uang dari jualan pulsa dan data.

Nah, itulah 8 cara mengatasi kode MMI tidak valid yang mungkin terjadi pada HP Anda. Semoga bermanfaat ya!




0 Response to " 8 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid untuk Semua Operator"

Posting Komentar